Bantu Kamu Bekenalan dengan Dirimu Sendiri

img20151119165600

Foto : KKP SMP 2015

Sejauh mana kita mengenal diri kita sendiri, terutama tetang hal baik apa yang bisa kita lakukan untuk membantu orang lain dalam mencapai tujuan bersama-sama. Pada dasarnya setiap orang memiliki bagian yang dapat dikontribusikan, hanya saja beberapa dari kita melupakan kemampuan luar biasa itu.

Dalam  Compassion, Karen Armstrong menulis tentang 12 langkah untuk hidup berbelas kasih. Menariknya langkah kedua yang ia tulis adalah tentang melihat ke dalam dunia kita sendiri. Mengenali kelemahan serta kekuatan dalam diri sendiri dapat mendorong meningkatkan kualitas hidup untuk melihat dari berbagai perspektif, dengan begitu kita akan menikmati setiap proses yang terjadi dalam sebuah hubungan dengan orang lain (teman, keluarga, dan organisasi).

Filsuf asal Tiongkok, Konfusius  pernah mengatakan bahwa jika kita berusaha untuk membangun diri kita sendiri , kita juga harus berusaha untuk membangun orang lain ; jika kita ingin status dan kesuksesan untuk diri kita sendiri, kita harus yakin bahwa orang lain juga mendapatkannya ; jika kita ingin kebaikan kita diperhitungkan, kita harus memastikan bahwa orang lain juga memiliki kesempatan yang sama.

Belajar dari sana, kita akan mendapatkan sebuah hal baru tentang kedewasaan berpikir dan bertindak. Tidak melulu soal diri sendiri dengan segudang prestise tetapi tentang bersama-sama membangun pemahaman dan upaya-upaya positif demi pertumbuhan, kejernihan serta peluang bersama. Jadi, sejauh mana kita mengenal diri kita ? Sejauh kita memahami orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s