Hutan Mangrove PIK : Alternatif tempat Liburan di Jakarta

hutan mangrove PIK (3)

Besok long weekend nih, biasanya kalau weekend kamu pergi kemana? Pantai? Atau kemping? Atau ujung-ujungnya setiap weekend kamu menjalani ritual 2N3D tour mall.

Nah udah saatnya weekend ini kamu cari alternatif tempat liburan lain. Cukup satu hari dan melihat yang hijau-hijau, melihat alam yang indaaaah banget, supaya kamu bersyukur atas ciptaan-Nya. Dan Jakarta juga ternyata punya tempat wisata alam. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) bisa jadi pilihan kamu dan temen-temen kamu untuk berwisata alam.

Hutan Mangrove PIK ini masuk dalam wilayah Jakarta Utara. Untuk ke tempat ini kamu bisa bawa kendaraan sendiri dan pake aja mesin pencari alamat dan ikutian arahnya. Tapi kalau ragu, kamu boleh tanya orang sekitar ya karena pengalaman saya ke tempat ini harus nyasar dulu sebanyak tiga kali hehehe. Lebih mudah naik kendaraan umum. Naik busway Transjakarta dan turun di halte Monas, dari sana kamu bisa naik Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) Jurusan Pantai Indah Kapuk. Setelah itu tinggal turun di depan Yayasan Budha Tzu Chi dan jalan kaki sedikit ke arah belakang gedung Yayasan. Dan sampai deh di Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk.

Tiket masuk perorang Rp.25.000,- kalau kamu bawa kendaraan sendiri untuk parkirnya motor Rp. 5000,- dan mobil Rp. 10.000,-. Ketika melewati pintu masuk Hutan Mangrove kamu akan langsung disambut sama jalanan yang terbuat dari kayu-kayu gelondongan yang berfungsi menghubungkan jalan di sekitar hutan mangrove. Di kawasan hutan mangrove juga terdapat fasilitas kemping, kamu bisa pilih camp ground atau villa.

hutan mangrove PIK (4)

Jika tidak ingin bermalam, kamu bisa menikamati sejuknya hutan mangrove sambil melihat beberapa fauna yang ada, seperti burung belibis yang memang suka bermain disini. Selain itu kamu juga bisa naik wahana air, bisa naik perahu atau naik kano harga sewa kano Rp. 100.000,-/ 45 menit untuk dua orang. Menikmati air yang tenang dibawah rimbunnya mangrove. Seruuuu banget.

hutan mangrove PIK (5)

Jalan yang sengaja dibuat dari gelondongan kayu ini terlihat keren, ditambah dengan beberapa jempatan yang lebar-lebar. Sejauh mata memandang yang kamu dapetin adalah air tenang dan hijaunya mangrove. Kalau liat kebawah juga banyak kepiting-kepiting yang keluar masuk lobang. Suasana yang teduh dan tenang ini membuat siapapun yang datang untuk duduk berlama-lama disini. Oia disepanjang jalan akan ada tempat duduk untuk kamu dan teman-teman bersantai-santai ketika lelah mengitari area mangrove.

Jadi, sudah menentukan pilihan untuk weekend ini ?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s