Yippy, Sapa Terumbu Karang Pulau Pahawang

pulau pahawang 4

Kalau kamu bosen sama rutinitas sehari-hari dan butuh vitaminsea, gak usah jauh-jauh ke Bunaken buat dapetin spot cantik snorkling (tapi kalau kamu punya budget yang banyak dan waktu luang yaa sekalian ke Bunaken aja deh). Lampung Selatang ternyata menyimpan sebuah rahasia, (enggak deng) dia cuma punya rahasia umum kalau doi punya sebuah pulau bernama Pahawang letaknya di Kecamatan Punduh, Kabupaten Pesawaran. Waktu yang ditempuh dari Bandar Lampung, kalau pakai kendaraan pribadi sih sekitar dua jam, enggak terlalu jauh kan ya.

 

Desember lalu, saya bersama tujuh teman berangkat dari Banten menuju Lampung. Kita memilih berangkat malam hari sekitar pukul 11 malam, langsung menuju Pelabuhan Merak untuk menyebrang ke Bakauheni pakai Kapal Ferry. Harga tiketnya kalau kamu bawa kendaraan pribadi untuk satu mobil sekitar Rp. 313.000,- sedangkan kalau kamu bawa diri aja tiket perorangnya cuma Rp.15.000,-

 

Begitu sampe di dermaganya, kita ketemu sama agent travel-nya namanya Pecandu Traveling, kamu bisa temuin akunnya di instagram dengan nama yang sama. Saking excited-nya ngeliat pantai dan idung udah dipenuhi aroma laut sampe lupa kenalan sama tour guide-nya. Yang jelas dua orang tour guide ini baik banget, yang satu ngarahin perahu ke spot snorkling yang cantik-cantik di Pulau Pahawang dan satu lagi jepretin setiap moment yang kita lakuin di darat ataupun di dasar laut hiiiiiw, ngerih.
pulau pahawang

Ini kali kedua saya snorkling, pertama kali nyoba snorkling di Pulau Lima, kepulauan tak berpenghuni di Serang – Banten. Waktu itu saya ikut kegiatan Travel Writer-nya Gola Gong, Rumah Dunia. Tapi di Pawahang ini jadi kali pertama bagi saya untuk nyobain foto di dasar laut. Enggak pake pelampung. Serunya adalah badan saya harus didorong ke bawah untuk bisa sampai dekat dengan terumbu. Agak takut, tapi begitu di coba malah ketagihan hahaha.

 

Waktu makan siang, kita diajak buat mampir dan makan di Pulau Pahawangnya. Menu makannnya Ikan, sayur asem, tempe tahu, dan kerupuk. Menu-menu tadi disiapin sama warga setempat dan mereka taruh di meja panjang pinggir pantai, jadi kita makan menghadap pantai gitu, asik kan yah.

pulau pahawang 1

Setelah makan, kita lanjut ke spot snorkling berikutnya. Di spot ini ada tulisan Wisata Pulau Pahawang dan Siger (hiasan kepala khas Lampung) di dasar laut yang emang sengaja dibikin oleh warga setempat. Spot yang diburu sama para pencinta foto. Sayangnya ketika saya mencoba foto ditempat ini malah jadinya nge-blur, tapi gak papa keindahan yang dinikmati jauh lebih berharga dari sejepret foto.

pulau pahawang 5

Kita menikmati banget berenang-berenang di atas terumbu karang yang indaaaaah. Dan tanpa sadar saya agak terpisah dari teman-teman. Sunyi. Yang ada cuma terumbu yang menari-nari, laut biru dan saya. Diujung saya liat dasar laut yang dalam dan gelap, terus menghayal kaya ada Saoirse lagi nyanyi Song of The Sea :

Between the north, between the south
Between the time, between the place
From the shell, the song of the sea
Neither quiet nor calm
Searching for love again
Mo ghra

pulau pahawang 3

Dan, nyapa terumbu karang ini harus berakhir karena matahari sudah semakin condong ke barat. Perjalanan asik ini ditutup dengan nginjekin pasir putih di pasir timbul, jadi pasir ini semacam timbul di tengah-tengah laut gitu. Untuk budget yang kamu keluarkan untuk bisa menikmati Pulau pahawang dan dianter sama abang tour guide kamu cuma ngeluarin Rp. 185.000,-/orang/satu hari udah termasuk makan siang, alat snorkling, perahu dan dokumentasi foto. Lumayan terjangkaukan untuk sepaket vitaminsea ampuh banget.

Sampai ketemu lagi Pahawang dan sampai ketemu lagi di trip selanjutnya. Yeay.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s