Srikandi – Srikandi Kecil

GambarGambarPada Mei tahun 2013 yang lalu , saya dan teman-teman melakukan kunjungan (untuk memenuhi mata kuliah komunikasi Lintas Budaya) ke sebuah dusun terpencil di Garut Jawa Barat. Tidak jauh dari pantai Pameungpeuk. Begitu asri dan alami. Kampung Dukuh, begitulah nama dusun itu disebut. Ia merupakan kampung yang menjaga kelestarian adat dengan taat dan ketat. Sehari semalam kami menginap di rumah Ketua Adat. Mempelajari bahasa, mempelajari kebiasaan, menghindari pantangan bahkan mencicipi makanan khas yang mereka suguhkan. 

Paling menarik bagi saya  adalah melihat anak – anak Kampung Dukuh. Ceria dan enerjik. Ketika teman – teman yang lain sibuk berbincang dengan orangtua mereka. Saya sengaja berkenalan dan meminta mereka untuk menjadi pemandu mengelilingi Kampung Dukuh. Diluar dugaan, mereka yang awalnya malu – malu akhirnya dengan cepat bisa bersahabat dengan baik. 

Kami bermain kucing – kucingan di tanah lapang, sampai hujan gerimis tiba.

Akhirnya, dengan meminjam ruangan rumah yang luas dari ketua Adat (hehehe), saya dan teman – teman yang lain berinisiatif membuat permainan untuk anak – anak. Berupa tebak gambar dan tari – tari sederhana.

*Srikandi – srikandi kecil itu kelak akan tumbuh menjadi dewasa. Ia akan sadar tentang kearifan lokal yang mereka miliki, untuk terus mereka pertahankan serta lestarikan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s