Wisma Kaliurang Sejarah yang Terlewat

2013-09-14 11.28.00

Siapa yang pernah mengunjungi lereng gunung Merapi ? Tentunya ada sebuah kawasan bernama Kaliurang. Wilayah ini memiliki hawa dingin dataran tinggi yang menenangkan. Secara administratif Kaliurang termasuk dalam Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogjakarta.

Sejauh mata memandang, banyak tempat penginapan memadati Kaliurang.

“Awalnya ditahun 1980-an ada sekitar 100 penginapan yang berada di Kaliurang, tetapi dimiliki oleh pihak asing”. Jelas Partono warga asli Kaliurang , ketika ditanya mengenai asal – usul penginapan yang berada di Kaliurang.

Nama Kaliurang sendiri merupakan bahasa jawa, nama yang diambil dari sebuah sungai yang didalamnya terdapat banyak udang. Menurut bahasa, Kaliurang merupakan gabungan kata dari kali yang berarti sungai dan urang yang berarti udang.

Ditepi jalan Kaliurang ada sebuah bangunan berwarna merah bata dengan pintu dan jendela besar. Bangunan bergaya Belanda ini menarik perhatian. Papan depannya bertuliskan Wisma Kaliurang.

Samuel Sugito penjaga sekaligus pemilik Wisma Kaliurang kini menceritakan sejarah atas bangunan ini.

“Di tahun 1947 Wisma ini pernah digunakan oleh peserta KTN (Komisi Tiga Negara) untuk menginap sekitar sepekan. Pesertanya terdiri dari negara Australia, Belgia, dan Amerika”.

Perlu diketahui bersama, KTN (Komisi Tiga Negara) adalah komisi yang dibentuk oleh PBB (Perserikatan Bangsa – Bangsa) guna menyelesaikan perseteruan antara Indonesia dengan Belanda setelah terjadinya Agresi Militer 1 pada 21 Juli 1947.

Dari Komisi Tiga Negara ini nantinya akan terlahir perjanjian Renville.

Laki – laki berkemeja garis dengan celana biru tua itu menjelaskan dengan detail sejarah yang sempat menghampiri gedung tua ini.

“Dahulu gedung ini milik Lamayer seorang warga negara Jerman, tetapi setelah 1978 kepemilikan menjadi hak pengurus salah satunya saya”. Jelas Samuel

Belum pernah dilakukan renovasi pada gedung utama. Hanya ada tambahan ornamen seperti meja dan kursi.

Melewati pintu samping, memasuki ruang utama gedung. Terbayang peserta KTN (Komisi Tiga Negara) pernah berada ditempat yang sama 66 tahun yang lalu.

Dingin. Udara sejuk Kaliurang berhembus melewati pintu.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s