Romantisme Sejarah

300px-Kongrespemuda2Foto : Istimewa

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia

(Sumpah Pemuda Jakarta, 28 Oktober 1928)

Sejarah telah terukir dalam sebuah patokan waktu. Hari ke-duapuluhdelapan di bulan oktober telah menjelma menjadi hari yang diperingati dari tahun ke tahun. Kebangkitan pemuda menjadi penggerak utama saat itu. Pemuda menjadi kaum yang sangat vokal dan berani menyuarakan aspirasinya. Garda terdepan untuk melindungi masyarakat. Rasa cinta kepada tanah air Indonesia telah membangkitkan dan menggerakan hati serta nurani mereka.

Lantas setelah 85 tahun pemuda masa lalu mengucap ingkar –Sumpah Pemuda- yang suci. Adakah pemuda -masa- sekarang  berniat menunaikan janji mereka?

Rupanya, perlu menjadi catatan bersama disadari atau tidak peringatan Sumpah Pemuda yang digelar hanya sebagai seremonial belaka. Tak ada yang paham betul apa makna yang terkadung dalam Sumpah Pemuda. Romantisme sejarah tanpa pemaknaan yang  lebih. Tidak berarti apa – apa.

Pemuda -masa- sekarang memaknai sejarah sebagai tanggal dan peristiwa. Tidak lebih. Dogma – dogma semacam itu yang seharusnya kita geser. Bukankah sejarah perlu adanya sebuah pemahaman lebih serta pemaknaan dari sejarah itu sendiri. Sehingga rasa mencintai tanah air pemuda -masa- lalu,  akan dimiliki juga oleh pemuda -masa- sekarang.

Mulailah beromantisme melalui tinjauan buku serta diskusi – diskusi sejarah, tidak lupa disisipi aksi nyata. Mari bangkit pemuda Indonesia.

“Soekarno ; Jangan sekali – kali meninggalkan sejarah”

*Diskusi sore (28/10)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s